Wednesday, December 9, 2015

Ranking Blog Meningkat

Pak Yoep dah terlibat dah hampir 5 tahun. Fokus utama pak yoep adalah untuk mempromosikan autisme dikalangan ahli masyarakat. Bukan. Dengan meningkatnya kesedaran mengenai autisme maka kanak-kanak autisme dapat dibantu lebih awal. Agar mereka tidak menjadi bebanan kepada masyarakat apabila dewasa. Bagi yang baru mula berjinak-jinak sebagai blogger selain daripada menyampaikan maklumat, anda pasti berhasrat nak tingkatkan rangking blog. Maka langkah-langkah berikut boleh dilakukan untuk meningkatkan rangking blog. 

Untuk meningkatkan Google pagerank dan Alexa rank Blog Anda secara manual, Harap dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini :
  1. Isi yang segar dan bagus
    Buat postingan yang menarik agar banyak pengunjung yang datang, bisa dengan tutorial , tips , trik atau info yang sedang hangat / trend .Google akan mengindex situs kita harian, jika pengunjung situs kita selalu bertambah tiap harinya. Bagaimana sih agar pengunjung selalu bertambah tiap harinya? Jadi usahakan selalu menambahkan isi (content) yang segar di situs kita secara berkala dan teratur sebisa mungkin.
  2. Daftarkan blog ke search engine
    lakukan verifikasi dan daftar blog di google sitemap agar mudah terindex.
  3. Meta Tag yang bagus
    Meskipun kegunaan kata kunci di meta tag dalam hal meraih peringkat atas pada hasil pencarian di google masih diperdebatkan, tapi jangan sampai kita mengabaikan title tag dan meta description tag.
  4. Link Popularity
    Google bank sangat bergantung pada berapa banyak orang yang telah benar-benar terhubung ke situs Anda. Logika Google adalah bahwa jika lebih banyak orang telah menghubungkan ke situs Anda, mereka telah jelas menemukan situs Anda menjadi situs yang baik. Kalau tidak kenapa mereka harus terkait dengan hal itu? Juga jika Anda terhubung dari situs yang lebih populer daripada Anda, peringkat Anda tiba-tiba akan melonjak.
  5. Cari backlink berkualitas sebanyak-banyaknya
    jika page rank blog anda 2 cari backlink pada blog yang page rank 3 , 4 , dan yang lebih tinggi ( sebaiknya sesuai kategori blog anda , karena google menilai berdasarkan kuantitas dan kualitas link).
  6. Buatlah link (anchor text) yang mengarah ke postingan
    tempatkan link tersebut di menu bar atau di side bar atau di tempat yang mudah di klik oleh pengunjung (direkomendasikan di menu bar /menu navigasi karena lebih mudah di deteksi oleh robot google).
  7. Memberi komentar
    Memberi komentar pada blog yang banyak pengunjungnya dan mempunyai page rank tinggi, beri komentar yang bagus supaya bisa menarik perhatian pemilik blog atau pengguna lain , sertakan link sehingga orang lain bisa dengan mudah menuju ke blog anda ( hal ini diharapkan dapat meningkatkan traffik blog anda).
  8. Update blog secara berkala
    jika anda ingin membuat 4 postingan saya sarankan sebaiknya mengupdate 2 saat ini dan 2 lagi besok atau anda bisa memanfaatkan publish postingan berkala ( terjadwal) , karena google lebih senang dengan situs yang sering di update karena google menganggap ada kegiatan yang kontinyu dalam blog anda . Catatan: 2 postingan minggu ini kemudian 2 lagi postingan minggu depan ( lebih disenangi google daripada 4 postingan dalam minggu ini, dan 4 postingan 2 minggu berikutnya / ada vakum dalam 1 minggu ).
  9. Daftarkan blog anda ke web direktori atau blog direktori gratis
    Open Directory memberikan hasil direktori ke Google. jika Anda terdaftar dalam direktori, dan di kategori yang tepat juga, dengan deskripsi yang memiliki istilah pencarian Anda, apakah Anda beruntung! Situs Anda akan mendapatkan motivasi dalam rank untuk istilah pencarian Anda. semakin banyak tautan dari blog lain ke blog anda , maka google akan semakin menganggap blog anda berbobot.
  10. Aktif dalam forum diskusi
    seperti google grup,yahoo answer , atau social networking seperti friendster, yuwie, buat artikel atau jawaban disana yang berisi ringkasan dan link ke blog anda 
  11. Daftarkan blog anda ke social bookmark.
  12. Kata kunci yang relevan
    Jika Anda memiliki halaman tentang ”Customer Relationship Management”/”CRM” dan Anda menemukan bahwa lebih banyak orang mencari postingan Anda dengan menggunakan “Customer Relationship Management” daripada ”CRM”, maka lebih baik bagi Anda untuk menggunakan “Customer Relationship Manajemen “di halaman bukan ” CRM “. Hal ini sangat meningkatkan lalu lintas situs Web dan juga meningkatkan peringkat Anda untuk kata kunci Anda.
  13. Jangan mengganti judul postingan
    Jika postingan anda telah terindex oleh google dan muncul dihalaman pertama google search , jangan pernah ganti judulnya dengan alasan untuk menyesuaikan dengan kategori atau judulnya kurang menarik tata bahasanya, karena halaman tersebut akan dapat pinalti dari google , peringkat halamannya bisa turun akibat google menganggap halaman tersebut adalah halaman baru. 
  14. Menginstal Alexa toolbar
    instal Alexa toolbar pada browser anda, atau memasang widget alexa pada blog.
  15. Biasakan masuk ke blog menggunakan google search.
  16. Jaga kredibilitas blog anda
    jangan sekali-kali melakukan penipuan terhadap search engine , hal ini ada saya temukan pada beberapa blog yang hanya berisi tag dan link yang menjebak pengunjung karena situs tersebut tidak ada postingan yang ada hanya iklan penuh 1 halaman , mungkin dengan harapan bahwa pengunjung terjebak untuk mengklik iklannya sehingga menambah penghasilan pemilik situs. Padahal secara psikologis dalam jangka panjang situs tersebut akan ditinggalkan oleh pengunjung.
  17. Jangan sekali- kali membuat anggapan blog anda dimengerti oleh google
    lakukan sebaliknya yaitu buatlah situs anda bersahabat dengan google . Usahakan buat judul postingan yang frasenya sudah dikenal google , hal ini bisa anda lihat pada saat menggunakan google search , misalkan di kotak teks pencarian pada saat mengetik s akan muncul pilihan SEO , SEO Tools , gunakan kata -kata yang sudah dikenal oleh google tersebut jika postingan anda berhubungan dengan SEO jangan modifikasi menjadi SEOS , atau SEOTools agar tampil beda dengan yang lain , karena google akan bingung dengan judul postingan seperti di atas.
  18. Buat link antar halaman
    Buat link antar halaman dan link dari halaman Home ke sub halaman dan sebaliknya , anda bisa menggunakan link navigasi atau link di dalam postingan yang mengarah ke postingan lain.
  19. Jangan gunakan terlalu banyak kode javascript dalam blog anda
    sebaiknya gunakan html script, karena google lebih peka terhadap kode html . Anda juga bisa memilih template yang mudah loadingnya, biasanya template yang berat loadingnya jika banyak menggunakan javascript atau background image , multimedia atau flash untuk menghias blog agar kelihatan cantik. Tujuam kita bukan menghias tampilan blog tetapi merampingkan /membutuhkan template yang ringan loadingnya agar memudahkan robot google menelusuri script yang ada dalam blog .
  20. Gunakan situs dengan domain sendiri ( berbayar)
    Google lebih senang dengan situs yang mempunyai domain sendiri dibanding blog gratisan seperti blogger,wordpress dll.
Tips diatas saya dapat dari beberapa blog dan ada sebagian yang saya tambahkan, Silahkan dicoba dan mudah-mudahan bermanfaat. 

Source : dari berbagai sumber.

1 comment:

Tempah IKLAN anda di sini

IKLAN
IKLAN
IKLAN
IKLAN
Advertise Now!